Hima Misi Darmajaya Belajar E-Commerce di Tokopedia

Hima Misi Darmajaya Belajar E-Commerce di Tokopedia

Bandar Lampung – Perluas wawasan dibidang e-commerce, sebanyak 40 mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Manajemen Informatika dan Sistem Informasi (Hima Misi) Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya mengunjungi Kantor Tokopedia di Jakarta, beberapa waktu lalu (25/02).

Ketua Hima Misi, Arya Noval mengatakan, kegiatan ini termasuk dalam rangkaian Kunjungan IT Season IV yang rutin digelar Hima Misi setiap tahun untuk menambah ilmu dan wawasan mahasiswa tentang teknologi informasi.

“Tokopedia merupakan salah satu bentuk usaha online yang berkembang sangat pesat di Indonesia. Disana kami bertemu dengan pimpinan, staf, dan karyawan Tokopedia. Banyak ilmu dan pengetahuan yang diberikan kepada kami tentang e-commerce serta peluang usaha online,” ujarnya.

Menurut Arya, kemajuan teknologi khususnya internet saat ini memberikan banyak kemudahan, dan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat termasuk dibidang wirausaha.

“Pemanfaatan teknologi juga dapat dilakukan untuk mempromosikan produk, kemudahan transaksi, dan pengembangan usaha. Kegiatan ini sangat bermanfaat, kami jadi lebih termotifasi untuk menjadi seorang technopreneur,” ungkapnya.

Selain mendapat materi yang disampaikan oleh Merchandiser and Marketing Communications Tokopedia, Jessica Tjahyadi, mahasiswa Hima Misi juga berkesempatan mengelilingi kantor Tokopedia melihat langsung suasana kegiatan dan proses kerja disana.

Sebelumnya, Hima Misi IBI Darmajaya juga melakukan studi banding di Fakultas Sistem Informatika Universitas Brawijaya, Malang pada 23 Februari 2016. Mahasiswa berdiskusi, dan saling berbagi pengetahuan tentang mata kuliah jurusan, program kerja Keluarga Besar Mahasiswa Sistem Informatika (KBMSI), dan lainnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Riset IBI Darmajaya, Dr. RZ. Abdul Aziz, ST., MT mengatakan, IBI Darmajaya sebagai perguruan tinggi berkomitmen menciptakan lulusan yang berdaya saing dan berjiwa wirausaha.

“Upaya itu dilakukan dengan menjadikan technopreneurship sebagai salah satu mata kuliah wajib dalam kurikulum. IBI Darmajaya juga sering menyelenggarakan pameran teknopreneurship, bazar produk, pelatihan, dan seminar kewirausaan yang menghadirkan pemateri tingkat nasional, bahkan mendatangkan trainer dari Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) – Centre for Entrepreneurship and SMEs Development (CESMED),” terangnya.

Dikatakannya, IBI Darmajaya tengah berupaya mengubah mindset mahasiswa dari mencari kerja menjadi pencipta lapangan kerja. Menurutnya, jiwa entrepreneur harus mulai ditumbuhkankembangkan di dunia kampus sebagai modal untuk survive ketika sudah terjun di dunia masyarakat.

“Saya berharap kegiatan tersebut menambah pengetahuan dan pengalaman mahasiswa dibidang teknologi dan bisnis. Dengan begitu akan tumbuh dalam diri mereka kemauan untuk menjadi wirausahawan muda yang handal dan berdaya saing yang berbasis teknologi informasi,” harapnya.(*)

Hima Misi Darmajaya Belajar E-Commerce di Tokopedia

Hima Misi Darmajaya Belajar E-Commerce di Tokopedia

Bandar Lampung – Perluas wawasan dibidang e-commerce, sebanyak 40 mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Manajemen Informatika dan Sistem Informasi (Hima Misi) Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya mengunjungi Kantor Tokopedia di Jakarta, beberapa waktu lalu (25/02).

Ketua Hima Misi, Arya Noval mengatakan, kegiatan ini termasuk dalam rangkaian Kunjungan IT Season IV yang rutin digelar Hima Misi setiap tahun untuk menambah ilmu dan wawasan mahasiswa tentang teknologi informasi.

“Tokopedia merupakan salah satu bentuk usaha online yang berkembang sangat pesat di Indonesia. Disana kami bertemu dengan pimpinan, staf, dan karyawan Tokopedia. Banyak ilmu dan pengetahuan yang diberikan kepada kami tentang e-commerce serta peluang usaha online,” ujarnya.

Menurut Arya, kemajuan teknologi khususnya internet saat ini memberikan banyak kemudahan, dan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat termasuk dibidang wirausaha.

“Pemanfaatan teknologi juga dapat dilakukan untuk mempromosikan produk, kemudahan transaksi, dan pengembangan usaha. Kegiatan ini sangat bermanfaat, kami jadi lebih termotifasi untuk menjadi seorang technopreneur,” ungkapnya.

Selain mendapat materi yang disampaikan oleh Merchandiser and Marketing Communications Tokopedia, Jessica Tjahyadi, mahasiswa Hima Misi juga berkesempatan mengelilingi kantor Tokopedia melihat langsung suasana kegiatan dan proses kerja disana.

Sebelumnya, Hima Misi IBI Darmajaya juga melakukan studi banding di Fakultas Sistem Informatika Universitas Brawijaya, Malang pada 23 Februari 2016. Mahasiswa berdiskusi, dan saling berbagi pengetahuan tentang mata kuliah jurusan, program kerja Keluarga Besar Mahasiswa Sistem Informatika (KBMSI), dan lainnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Riset IBI Darmajaya, Dr. RZ. Abdul Aziz, ST., MT mengatakan, IBI Darmajaya sebagai perguruan tinggi berkomitmen menciptakan lulusan yang berdaya saing dan berjiwa wirausaha.

“Upaya itu dilakukan dengan menjadikan technopreneurship sebagai salah satu mata kuliah wajib dalam kurikulum. IBI Darmajaya juga sering menyelenggarakan pameran teknopreneurship, bazar produk, pelatihan, dan seminar kewirausaan yang menghadirkan pemateri tingkat nasional, bahkan mendatangkan trainer dari Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) – Centre for Entrepreneurship and SMEs Development (CESMED),” terangnya.

Dikatakannya, IBI Darmajaya tengah berupaya mengubah mindset mahasiswa dari mencari kerja menjadi pencipta lapangan kerja. Menurutnya, jiwa entrepreneur harus mulai ditumbuhkankembangkan di dunia kampus sebagai modal untuk survive ketika sudah terjun di dunia masyarakat.

“Saya berharap kegiatan tersebut menambah pengetahuan dan pengalaman mahasiswa dibidang teknologi dan bisnis. Dengan begitu akan tumbuh dalam diri mereka kemauan untuk menjadi wirausahawan muda yang handal dan berdaya saing yang berbasis teknologi informasi,” harapnya.(*)