Darmajaya Gelar ICONBIT 2009

Darmajaya Gelar ICONBIT 2009

Untuk berbagi ide dan gagasan baru yang terkait dengan aplikasi teknologi informasi dan bisnis, Informatics and Business Institute (IBI) Darmajaya

SONY DSC

Darmajaya: Untuk berbagi ide dan gagasan baru yang terkait dengan aplikasi teknologi informasi dan bisnis, Informatics and Business Institute (IBI) Darmajaya, kemarin menggelar acara yang bertajuk International Conference On Business and Information Technology (ICONBIT) dengan tema Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Membangun Kemandirian dan Kretaifitas Ekonomi di Indonesia. Keynote speaker yang hadir diantaranya adalah Dr Suhendro Yusuf dari IBI Darmajaya Lampung, Dr Desmond Alexandert dari Foresec Malaysia, dan Azman dari skapi.net , pembicara dan pengembang e-gov dari Malaysia. Dalam kegiatan itu, jumlah paper yang masuk sebanyak 50 paper, namun yang berhasil masuk seleksi dan paper layak diterbitkan dalam buku proceeding ICONBIT 2009 IBI Darmajaya sejumlah 31 paper.

Perinciannya 21 paper bertema IT dan 10 paper bertema bisnis. “ICONBIT dimaksudkan sebagai forum komunikasi para dosen dan peneliti tentang hasil riset di bidang bisnis dan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang akan dimanfaatkan masyarakat khususnya di negara-negara berkembang. Seminar ini akan melibatkan banyak pihak dari mulai akademisi hingga praktisi, mulai dari developer hingga end user, mulai dari hal yang bersifat kaidah atau teoritik sampai dengan praktis. Dengan interaksi antar perspektif diharapkan dapat saling melengkapi kelemahan-kelemahan yang ditemukan sehingga perkembangan bisnis dan TIK di Indonesia semakin meningkat,” papar Person In Charge (PIC) kegiatan ini, Dr. Suhendro Yusuf yang juga Ketua Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer IBI Darmajaya ketika ditemui disela-sela kegiatan.
Selain menyelenggarakan seminar ICONBIT, pada kesempatan yang sama IBI Darmajaya bekerjasama dengan Indosat menyelenggarakan sosialisasi kegiatan Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) dengan tema “Innovation, Research and Developing Entrepreneurship. Peserta datang dari berbagai Perguruan Tinggi baik dari Lampung maupun luar Lampung. Tujuan kegiatan IWIC ini adalah sebagai wadah berkompetisi bagi generasi muda di bidang teknologi wireless. Ada satu yang baru dari kompetisi yang telah memasuki tahun ke-4 ini, yaitu akan hadirnya inovasi-inovasi yang tidak hanya bernilai komersial tetapi juga untuk jejaring sosial dan pendidikan.
Dalam kegiatan ini pula ditandatangani kesepakatan kerjasama antara IBI Darmajaya dan Foresec Malaysia, yang merupakan FORESEC adalah sebuah organisasi resmi di bawah legalitas pemerintah Malaysia yang bergerak dibidang sekuritas jaringan data. Dengan kerjasama ini, memungkinkan Masing-masing pihak berkerjasama bersertifikat Internasional. Selain itu dikembangkan pula program pengembangan staf pengajar, program pendidikan untuk pimpinan, kegiatan kerjasama dalam penelitian. Dengan kerjasama ini juga dimungkinkan IBI Darmajaya dan FORESEC bersama-sama menyelenggarakan proyek-proyek pendidikan lain. Penandatangan MoU dilakukan oleh DR. Desmond Alexander, sebagai CEO FORESEC Malaysia dan Rektor IBI Darmajaya, Dr (can.) Andi Desfiandi, SE, MA didampingi oleh Wakil Rektor I, R.Z. Abdul Aziz, ST., MT. Melalui kerjasama ini, mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dapat mengikuti mata kuliah di bidang keamanan jaringan Ethical Hacking dengan setifikasi internasional FORESEC (badan sertifikasi Network Security Eropa). Kerjasama ini di peruntukkan bagi mahasiswa IBI Darmajaya program studi Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Komputer, dan Sistem Komputer.(**)